Australia akan Ratifikasi Komitmen Kedua Protokol Kyoto

Metrotvnews.com, Canberra: Australia akan menandatangani komitmen kedua dari Protokol Kyoto. “Dengan bergabungnya Australia dalam komitmen kedua protokol, para pebisnis Australia diharapkan dapat memperoleh akses terhadap pinjaman internasional melalui Mekanisme Pembangunan Bersih (CDM), sehingga dapat membantu Australia untuk mengurangi emisi gas buangnya dengan biaya yang relatif murah,” kata Menteri Perubahan Iklim Australia Greg Combet di Canberra, Australia, Jumat (7/11).

Komitmen kedua Protokol Kyoto akan menjadi topik besar dalam dialog iklim yang akan digelar di Doha pada akhir tahun ini. Australia akan menyampaikan komitmennya untuk membatasi emisi gas rumah kaca sejak 2013 hingga 2020. Ini sesuai dengan target Protokol Kyoto serta target bipartisan untuk mengurangi emisi gas buang hingga 5 persen hinga mencapai di bawah angka 2.000 pada 2020.

Combet juga mengatakan Australia akan mendorong agar Protokol Kyoto diperluas pada 2015. Senator dari Partai Hijau Australia (Green Party), Christine Milne mengatakan target yang lebih realistis bagi Australia adalah 25 hingga 40 persen.

Protokol Kyoto merupakan perjanjian global pertama yang ditandatangani untuk mengikat kewajiban negara dalam mengurangi emisi gas buang. Sedangkan Australia baru meratifikasi Protokol Kyoto pada 12 Desember 2007 sebagai salah satu langkah yang ditempuh pemerintahan Partai Buruh.(Ant/BEY)

Advertisements



    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: