Pengusaha Perlu Kembangkan Produk Berbasis Lingkungan

Sumber: http://economy.okezone.com/read/2012/11/06/19/714543/pengusaha-perlu-kembangkan-produk-berbasis-lingkungan

JAKARTA – Kalangan usaha menyadari adanya  tuntutan pengembangan produk berbasis lingkungan. Hal ini dilakukan guna merespon berbagai tantangan dinamika sosial ekonomi akan dampak perubahan iklim.

Ketua Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI), Rachmat Gobel mengatakan, tranformasi menuju green industry memerlukan adanya investasi yang masif, serta dukungan yang kondusif dalam mengembangkan berbagai inovasi.

“Salah satunya, perlu adanya suatu standar industri yang memungkinkan baik produsen maupun konsumen mendapatkan suatu produk green yang berkualitas,”  kata Rachmat Gobel dalam siaran tertulis di Jakarta, Selasa (6/11/2012).

Dia menambahkan, kepentingan konsumen yang mendambakan produk ramah lingkungan  dan kepentingan produsen yang menghendaki agar perbaikan proses produksi memenuhi kriteria ramah lingkungan yang tidak semata-mata melahirkan biaya dan mengurangi keuntungan.

Selain itu, upaya ini juga harus dipandang sebagai investasi dan perluasan daya penetrasi pasar untuk melahirkan keuntungan lebih besar di masa datang.

Menurutnya, skema insentif yang komprehensif diperlukan dan haruslah dipandang di dalam kerangka menginternalisasikan external cost yang tidak masuk dalam hitungan berbagai barang dan jasa yang bukan eco green product.

“Performance Standard salah satu titik awal untuk membuka pasar terhadap barang dan jasa yang selanjutnya dibarengi dengan insentif untuk meningkatkan kapasitas skala produksi dan pengurangan ongkos produksi,” jelas Rachmat.

Sekadar informasi, saat ini Indonesia menyumbang sekira lima persen dari emisi gas rumah kaca dunia. Riset yang dilakukan oleh Dewan Nasional Perubahan Iklim menunjukkan Indonesia berpotensi mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 2,3 Gt hingga 2030, atau senilai pengurangan 46 persen  dari emisi 2005. (gna)
(rhs)

Advertisements



    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: