Generasi Muda Harus Aktif Tanggulangi Perubahan Iklim

Sumber: http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2012/10/29/134012/Generasi-Muda-Harus-Aktif-Tanggulangi-Perubahan-Iklim

JAKARTA, suaramerdeka.com – Perubahan iklim hanyalah salah satu dari berbagai isu global yang dihadapi generasi muda saat ini. Dampak dan cakupan isu-isu tersebut begitu luas sehingga tidak ada satu negarapun yang dapat menanggulanginya sendiri.

“Karenanya Indonesia mengajak semua pemuda untuk bersama-sama berperan aktif dalam menanggulangi isu ini  dalam kapasitas masing-masing individu”. Demikian sambutan Dubes RI Beijing, Imron Cotan yang dibacakan di hadapan panelis dan peserta ‘Dialogue with Ambassadors’, di Conference Hall, Peking University, RRT (28/10).

Lebih lanjut Dubes Imron menyampaikan bahwa pemerintah dan masyarakat Indonesia sendiri telah melakukan berbagai upaya untuk mendukung upaya penanggulangan dampak perubahan iklim serta berperan dalam global citizenship.

“Dalam pertemuan G-20 pada tahun dua tahun lalu, misalnya, Presiden RI telah memberikan komitmen untuk mengurangi emisi CO2 (karbon dioksida) hingga 26 persen secara sukarela pada tahun 2020 dan hingga 41 persen apabila negara-negara lainnya memberikan komitmen serupa”. ujarnya.

Kebijakan ini juga didukung dengan berbagai program kerja, penelitian dan kerjasama internasional dalam program mitigasi dan adaptasi perubahan iklim dunia, dijelaskan oleh Dubes RI. Senada dengan yang disampaikan, Duta Besar Maldives juga hadir menyatakan bahwa climate change merupakan salah satu masalah yang menjadi perhatian utama negaranya.

“Sebagai negara kepulauan yang hidup dari industri pariwisata, masa depan masyarakat Maldives sangat bergantung pada mitigasi perubahan iklim dan kesadaran masyarakat dunia akan pelestarian alam”. katanya.

Kegiatan diskusi antara para Duta Besar negara sahabat dengan mahasiswa Peking University turut dihadiri oleh Duta Besar Denmark Mr. Friis Peterson, Duta Besar Burundi Mr. Pascal Gasunzu, Duta Besar Maldives Mr. Mohamed Rasheed, serta wakil Kedutaan Besar Islandia dan Turki.

Selain diisi dengan paparan oleh Dubes dari beberapa negara sahabat, pada kesempatan festival budaya tersebut, Tari Barong yang ditampilkan oleh para mahasiswa Indonesia di panggung utama mendapatkan sambutan yang meriah.

Puluhan mahasiswa Indonesia yang belajar di beberapa universitas di kota Beijing juga mengisi booth Indonesia dengan tema pulau Bali. Selain menampilkan baju dan hiasan Bali, booth tersebut juga diisi dengan Ondel-ondel khas Betawi dan alat musik Angklung, yang semuanya mendapatkan sambutan yang positif.

( Rifki , RED / CN34 / JBSM )

Advertisements



    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: