Yogyakarta Percontohan Pemantau Rumah Kaca

Sumber: http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/528518/

YOGYAKARTA – Kota Yogyakarta ditunjuk menjadi percontohan pemantau rumah kaca di kawasan Asia Tenggara oleh International Council for Local Environmental Initiatives (ICLEI), sebuah organisasi yang berkomitmen terhadap pembangunan berkelanjutan.

Yogyakarta menjadi percontohan karena memiliki lingkungan yang asri meski aktivitas di kota ini tinggi. ICLEI sendiri sudah melakukan penilaian sejak 1999. ”Yogyakarta juga digagas sebagai kota yang paling siap untuk menghadapi dampak perubahan iklim akibat efek gas rumah kaca,” ungkap Project Coordinator ICLEI Asia Tenggara Mahallah Adalia dalam Welcome Remarks Yogyakarta City Greenhouse Gases, Emissions, and Heat di Balai Kota Yogyakarta,kemarin.
Menurut Mahallah Adalia, sebagai kota percontohan,Yogyakarta didorong untuk lebih siap mengukur dan memantau emisi karbon, termasuk efek rumah kaca,di lingkungannya. Selain untuk menekan emisi karbon, kebijakan ini juga untuk ketahanan iklim. Apalagi kota-kota besar di Asia Tenggara sangat rentan terhadap dampak perubahan iklim global dan tidak lepas dari penggunaan energi sebagai menyumbang emisi karbon. ”Inventarisasi emisi gas rumah kaca tersebut nanti akan dijadikan bahan perumusan,” paparnya, Mahallah menjelaskan, ICLEI dengan dukungan ASEAN dan Usaid saat ini juga tengah merumuskan strategi untuk meminimalkan gas rumah kaca.

Baik yang ditimbulkan dari dunia industri, perkantoran maupun rumah tangga sebagai penyumbang pemanasan global. Hal itu dapat dirasakan dengan meningkatnya suhu ratarata bumi. ”Kami berharap nanti akan muncul kebijakan lokal di mana kebijakan itu tidak hanya untuk diterapkan di Asia Tenggara,tetapi juga kotakota lain di dunia,”harapnya. Project Officer ICLEI Cesaria Eka Yulianti menambahkan, persoalan utama dalam program saat ini adalah penghematan energi. Setelah melakukan inventarisasi dan perhitungan baku mutu di Yogyakarta, maka tim dari ICLEI secara intensif menyusun rencana aksi.Salah satu kebijakan yang akan direkomendasikan, yaitu melakukan penggantian lampu hemat energi.

”Pemerintah juga diminta menjadi pionir untuk hemat energi seperti mendorong penggunaan lampu hemat energi, menggalakkan penggunaan sepeda, dan penghematan penggunaan pendingin ruangan (AC),”jelasnya. Selain sebagai percontohan pemantau rumah kaca,Yogyakarta juga menjadi tempat untuk tes mengukur dan memantau emisi rumah kaca. Proyek ini bertujuan memfasilitasi penyebaran mekanisme perhitungan gas rumah kaca.

Advertisements



    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: