IPB Ditantang Ciptakan Inovasi Perubahan Iklim

Sumber: http://www.harianterbit.com/2012/09/07/ipb-ditantang-ciptakan-inovasi-perubahan-iklim/

ipb

 

BOGOR – Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamukti menantang Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk menciptakan inovasi teknologi pertanian guna menghadapi perubahan iklim. Salah satu tantangan terbesar pertanian saat ini adalah ancaman kekeringan.

“IPB dituntut dapat menciptakan inovasi di tengah iklim yang tidak pasti,” kata Wamendag dalam seminar nasional pertanian “Agriculture adaptation in the tropics: research and innovation toward environment resilience and food security di Bogor, kutip Antara, Kamis (6/9).

Menurut dia, ketahanan pangan bertumpu pada pertanian yang dicapai dengan beradaptasi pada sumber daya alam yang terbatas. Ke depan, air akan menjadi sangat penting bagi pertanian. “Tolong dibantu untuk memiliki kriteria produk pertanian tidak lagi per hektare tapi palung air,” katanya.

Dijelaskannya, satu kilogram padi membutuhkan 900 hingga 1.000 liter air. Tingginya kebutuhan air mempengaruhi produksi padi.

“Kita ditantang swasembada beras dengan surplus 10 juta ton. Jika menghasilkan 70 juta gabah, berarti membutuhkan 70 triliun liter air untuk menghasilkan surplus,” katanya.

Wamendag menyebutkan, tingginya penggunaan air, dikhawatirkan puluhan tahun ke depan air akan sangat sulit diperolah.

“Mulai dari sekarang IPB mulai mengintroduksi program produk pertanian yang paling efisien menggunakan air,” ujarnya.

Wamendag mengatakan, ada lima tantangan yang harus dituntaskan oleh IPB. Selain perubahan iklim, IPB juga ditantang mampu menciptakan inovasi produk pangan yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat banyak.

“IPB juga harus mampu membuat inovasi dan menangkap peluang dengan memperhatikan sektor hulu dan hilir pertanian,” katanya.

Tantangan berikutnya adalah, menciptakan inovasi yang dapat mengurangi kehilangan beras di sektor rumah makan maupun rumah tangga akibat pola boros penyajian hidangan di masyarakat.

Menanggapi tantangan tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB, Prof. Yonny Koesmaryono menyatakan siap untuk merealisasikan tantangan tersebut.

Advertisements



    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

    Google photo

    You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: