Inilah Pesan SBY pada ASEAN Latin Business Forum 2012

Sumber: http://jaringnews.com/ekonomi/umum/18405/inilah-pesan-sby-pada-asean-latin-business-forum-

Presiden berharap lewat forum ini akan terbangun jembatan ekonomi yang kuat untuk kedua kawasan tersebut.

JAKARTA, Jaringnews.com – Pertumbuhan ekonomi ASEAN dan Amerika Latin terbilang cukup dinamis. Sehingga dengan demikian, kerja sama yang terjalin antara kedua kawasan ini memiliki posisi penting bagi pertumbuhan ekonomi global. Namun, berbagai hambatan yang ada diharapkan dapat segera dipikirkan penyelesaiannya.

Bagaimana caranya agar kerja sama kedua kawasan ini dapat semakin kuat?

Menurut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), setidaknya ada tiga hal yang perlu diperhatikan, pertama, negara-negara ASEAN dan Amerika Latin dan Karibia, perlu mengembangkan konektivitas untuk menjembatani jarak antara keduanya. Sebab, jika tidak, akan sulit untuk menyadari potensi pasar dari kedua daerah.

Saat ini, Asia Timur dan Amerika Latin telah terhubung melalui Forum untuk Kerja sama Asia Timur-Amerika Latin (FEALAC). Dan, ASEAN telah mengembangkan hubungan dengan negara-negara Amerika Selatan melalui Forum ASEAN-MERCOSUR.

“Kita dapat memanfaatkan kerangka kerja sama yang ada untuk meningkatkan konektivitas,” kata Presiden SBY pada pembukaan ASEAN Latin Business Forum 2012, di Hotel Shangri-La, hari ini, (9/7/2012).

Kedua, kedua kawasan perlu mengembangkan fasilitas perdagangan yang saling menguntungkan sebagai kunci untuk pengembangan ekspor barang, jasa, modal, sehingga hambatan selama ini, tidak terjadi lagi.

Ketiga, kerja sama ini harus melampaui kerja sama perdagangan dan investasi, yaitu untuk mempromosikan pembangunan berkelanjutan dan ekonomi hijau.

“Ini adalah dua area di mana kedua daerah telah mencapai track record yang sangat baik. Indonesia menjadi tuan rumah konferensi perubahan iklim dunia di Bali pada tahun 2007, dan beberapa minggu lalu, Brasil menjadi tuan rumah KTT Rio +20,” kata Presiden SBY.

Presiden berharap lewat forum ini akan dihasilkan jembatan ekonomi yang kuat untuk kedua kawasan tersebut.

“Jadi pesan saya kepada Anda adalah simpel saja, rebut hari ini! Gunakan forum ini untuk mengidentifikasi potensi perdagangan, investasi, dan kerja sama pariwisata,” kata Presiden SBY.

(Ara / Pio)

Advertisements



    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: