65 Persen Pantai Kritis

Sumber: http://padangekspres.co.id/?news=berita&id=31516

Painan, Padek—Kerusakan kawasan pinggir pantai di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) seharusnya men­da­patkan perhatian serius agar tidak meluas ke permukiman warga. Kerusakan pantai aki­bat abrasi kini sudah mencapai 65 persen dari 234 km panjang garis pantai daerah itu.

Kerusakan pantai ini bu­kan saja akibat perubahan iklim, tapi juga sedimen akibat erosi lahan di hulu sungai. Karena itu, upaya pen­ce­gaa­han bukan saja melalui pem­bangunan pengamanan pa­n­tai, tapi juga melalui peru­bahan perilaku masyarakat dengan tidak merusak eko­sistem hulu sungai.

Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Pes­sel, Yusdi Ali Umar, mengakui kerusakan pantai di Pessel akibat abrasi sudah meng­khawatirkan. Ali memprediksi 65 persen bibir pantai di Pessel sudah kritis.

“Untuk pengamanan bibir pantai yang kritis itu, butuh biaya besar. Kalau hanya me­ngandalkan keuangan daerah, pengamanan bibir pantai ini tak bisa tercapai dalam waktu singkat. Karena itu, bantuan pusat sangat diharapkan,” katanya.

Pada tahun ini, Pessel men­dapatkan dana pe­me­rintah pusat untuk pem­ba­ngunan pengamanan bibir pantai se­besar Rp 12,3 miliar. “Dana ini khusus untuk pantai rawan abrasi. Karena jum­lahnya ter­batas, tahun ini hanya bisa digunakan pada dua lokasi. Di antaranya di Pantai Luhung Api-Api, Ke­camatan Bayang, dan di Kam­bang, Kecamatan Lengayang,” katanya.

Karena kondisi kerusakan pantai akibat abrasi ini cukup parah di Kambang, dana pembangunan pengamanan pantainya dianggarkan Rp 7,3 milir. Sedangkan di Luhung Api-Api sebesar Rp 5 miliar.

“Sebenarnya kebutuhan dana untuk pengamanan pan­tai mencapai Rp 1,3 triliun. Wa­lau demikian, secara ber­tahap akan dilakukan penga­manan secara skala prioritas,” jelas Yusdi. (*)

Advertisements



    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: