Staf KLH: CBDR Tak Tergoyahkan

Sumber: http://www.gatra.com/nasional/1-nasional/14993-staf-klh-cbdr-tak-tergoyahkan

Jakarta – Staf Ahli Menteri LH Bidang Perekonomian dan Pembangunan Berkelanjutan, Dana A Kartakusuma, mengungkapkan bahwa prinsip tanggung jawab bersama tetapi berbeda (common but differentiated responsibility/CBDR) tidak tergoyahkan. Hal ini merujuk pada upaya sejumlah negara maju untuk melemahkan prinsip terebut dalam pertemuan di Rio+20.

“Jadi prinsip ini penting untuk mengetahui tanggung jawab masing-masing. Demikian juga di bidang-bidang lain. Kalau dilihat seberapa jauh ini akan berjalan, tentu akan mengutamakan kepentingan nasional kita, begitu juga dengan mereka (negara maju-red),” ujar Dana, dalam konferensi pers di kantor Kementerian LH, Jakarta, Jumat (6/7).

Menurutnya, masing-masng negara harus mulai menurunkan emisi gas rumah kaca, meskipun hal tersebut berkaitan dengan kepentingan dalam negerinya. Karena itu, beberapa negara akan berusaha agar tanggung jawabnya tersebut agar tidak terlalu mengganggu perekonomian. Terutama beberapa negara maju yang sedang mengalami kesulitan ekonomi. Dengan adanya pembatasan, maka akan mengganggu pertumbuhan perkonomian mereka.

Seperti dilansir dari harian Kompas, pada KTT Rio+20 lalu, prinsip tanggung jawab sama tetapi berbeda, yang merupakan prinsip utama yang menjadi dasar Deklarasi Rio 1992, coba dilemahkan sejumlah negara. Negara maju yang mencoba melemahkan prinsip tersebut secara langsung ditentang kelompok G-77+China dengan ujung tombaknya India dan China pada Konferensi Pembangunan Berkelanjutan PBB Rio+20.

”Tidak bisa jika semua dituntut seperti itu. Komitmen itu harus dilakukan secara sukarela dan tidak mengikat secara hukum. Itu yang harus dipegang,” ujar Staf Ahli Menteri Lingkungan Hidup, Liana Bratasida, Selasa (19/6), di Rio de Janeiro.

“CBDR adalah prinsip dalam deklarasi di Rio, yang juga dipakai dalam negosisasi di bidang perubahan iklim UNFCCC. CBDR digunakan, sebab masalah berkelanjutan adalah tanggung jawab bersama, karena kita yang mengkonsumsi barang dan jasa yang berasal dari alam dan dikembalikan lagi ke lingkungan,” jelas Dana.

Ia menjelaskan, tanggung jawab itu dibedakan, karena prinsip climate changes. Hal ini coba untuk diterapkan secara adil. Karena, tentunya yang paling bertanggung jawab adalah daerah yang paling banyak mengkonsumsi energi perkapitanya, misalnya Amerika Serikat.

“Jadi prinsip ini juga sangat penting, karena negara maju melihat negara berkembang ke menengah juga harus ikut serta,” katanya.

Menurut Dana, negara berkembang seprti Cina, India, Brazil, dan juga Indonesia, dengan atau tanpa bantuan negara maju, sedikit demi sedikit negara tersebut juga bisa maju. Bahkan negara maju sekalipun, bila tidak mampu mengelola perekonomiannya, dia bisa ambruk seperti Yunani, Spanyol, dan Italia.

“Jadi CBDR, tidak hanya semata-mata pendanaan tetapi tanggung jawab kita dalam mengelola lingkungan,” ujar Dana.

Namun begitu, pada pertemuan di Rio+20 ini, negara maju tetap mendukung upaya pengumpulan dana sebesar lebih dari 513 milyar dolar AS, yang dialokasikan dalam komitmen untuk pembangunan berkelanjutan, termasuk bidang energi, transportasi, ekonomi hijau, pengurangan bencana, kekeringan, air, hutan dan pertanian.

“Dalam pertemuan ini, meskipun sedang mengalami kesulitan, tetapi negara maju tetap membantu pendanaan bagi negara berkembang. Misalnya dengan jalur multilateral, yang dilakukan Amerika Serikat, Jepang, dan Uni Eropa. Mereka tetap memberikan komitmen mereka,” tambahnya.

Tambahnya, berbeda dengan ketiga negara tersebut, German dan Denmark melakukannya secara bilateral, yaitu melalui kerja sama dari kementerian kerjasama pembangunan yang mereka miliki. [WS]

Advertisements



    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

    Google photo

    You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: