Raul Castro Makin Erat dengan Hu Jintao

Sumber: http://web.inilah.com/read/detail/1879813/raul-castro-makin-erat-dengan-hu-jintao

Headline

INILAH.COM, Beijing – China dan Kuba Kamis (6/7/2012) menandatangani sejumlah perjanjian kerjasama ekonomi. Pemimpin Kuba Raul Castro melakukan kunjungan empat hari ke China guna mempelajari keberhasilan reformasi China.

Inilah kunjungan kenegaraan Castro yang pertama ke China, sejak menjabat sebagai Presiden pada 2008. Setelah Presiden Hu Jintao berbicara dengan Castro, kedua pemimpin itu menandatangani delapan perjanjian meliput sektor pertanian, kesehatan dan teknologi.

Hu juga menyatakan bahwa kedua negara harus berkoordinasi lebih lanjut dalam menangani isu-isu kunci, termasuk reformasi PBB, perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan. Hu memuji prestasi negara sosialis Kuba dan mengatakan China akan selalu mendukung negara ini dalam melindungi kedaulatannya.

Castro, presiden Kuba yang berusia 81 tahun, mengatakan Kuba bangga dengan hubungan kedua negara dan kerjasama yang makin meningkat. Castro mengatakan Kuba terus mempromosikan reformasi dan menjelajahi jalur pembangunan yang konsisten dengan kondisi nasional, untuk meenggalakkan pembangunan ekonomi dan sosial yang komprehensif dan terkoordinasi.

Kuba mempelajari keberhasilan China dalam pembangunan, ujar Castro. Castro mengatakan bahwa perdagangan, investasi dan energi terbarukan adalah sektor-sektor yang akan mendapat manfaat dalam lingkup kerjasama yang lebih besar.

Para peneliti China mengatakan, kerjasama dengan Kuba bermanfaat bagi China. “Kuba sangat memperhatikan kerjasama ekonomi terutama sejak Castro berfokus pada pembangunan dan reformasi,” kata Qi Fengtian, seorang ahli studi Amerika Latin di Akademi Ilmu-ilmu Sosial China.

Kerja sama ekonomi dengan China dan negara lain sangat penting bagi Kuba untuk keluar dari kesulitan ekonomi, tetapi Kuba tidak mengabaikan tradisi kerja sama politik antara kedua negara, kata Qi.

Kuba adalah negara Amerika Latin pertama yang menjalin hubungan diplomatik dengan China pada 28 September 1960. China merupakan mitra dagang Kuba kedua terbesar setelah Venezuela, yang pada 2011 mencapai US$2 miliar.

Castro juga akan mengunjungi Vietnam, yang merupakan pemasok utama beras bagi Kuba. Kuba dapat memanfaatkan pengalaman negara-negara sosialis lainnya yang telah berhasil secara ekonomi, kata Yang Jianmin, seorang ahli di pusat untuk studi Kuba di Akademi Ilmu-ilmu Sosial China. [mdr]

Advertisements



    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

    Google photo

    You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: