Naiknya Permukaan Air Laut Tak Bisa Dihentikan

Sumber: http://teknologi.inilah.com/read/detail/1878226/naiknya-permukaan-air-laut-tak-bisa-dihentikan

INILAH.COM, New York – Para ilmuwan mengatakan bahwa fenomena naiknya permukaan air laut saat ini sudah tidak bisa dihentikan. Benarkah?

Seperti dikutip dari Reuters, banyak penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa emisi gas rumah kaca berpengaruh besar dalam menaikkan tingkat temperatur sekitar 0,17 derajat celcius pada 1980-2010 dan permukaan air laut setinggi 2,3 mm per tahun dari 2005-2010, sebagaimana lapisan es banyak yang mencair.

Selain itu, naiknya permukaan air laut juga mempengaruhi populasi di beberapa wilayah dunia yang berisiko terkena banjir, seperti kepulauan-kepulauan Karibia, Maladewa dan Asia Pasifik.

Lebih dari 180 negara di dunia pun saat ini sedang mendiskusikan pakta baru untuk perubahan iklim, dan mengupayakan agar tiap negara membatasi pengeluaran emisi hanya sampai di bawah dua derajat Celsius saja.

“Meskipun begitu, walaupun pemotongan emisi sudah diberlakukan, tetap saja tidak bisa menghentikan kenaikan permukaan air laut,” ujar para ilmuwan dari National Centre for Atmospheric Research (AS), U.S. research organization Climate Central (AS) dan Centre for Australian Weather and Climate Research (Australia).

Hal ini disebabkan penetrasi suhu sangat sudah masuk ke dalam laut, dan dampaknya berbeda tergantung pada berbagai wilayah bersangkutan. [mor]

Advertisements



    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: