Terapkan Konsep Pembangunan Ekonomi Hijau

Sumber: http://www.kaltimpost.co.id/index.php?mib=berita.detail&id=139186

TENGGARONG – Syukuran Hari Lingkungan Hidupns Sdunia tahun 2012 yang dihelat di halaman kantor Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kukar, Kamis (21/6) lalu, dihadiri  Wakil Bupati (Wabup) Kutai Kartanegara (Kukar) HM Ghufron Yusuf.
Ghufron yang menyampaikan sambutan Bupati Rita Widyasari mengutarakan, beragam kekayaan yang melimpah di bumi Kukar harus dapat dimanfaatkan dengan mengedepankan asas manfaat dan lestari, asas kerakyatan, keadilan, kebersamaan keterbukaan, dan asas keterpaduan yang dilandasi rasa tanggung jawab.
“Saat ini fenomena perubahan iklim sudah menjadi ancaman serius bagi ketahanan pangan dan keselamatan banyak warga dunia,” ujar Rita.
Kondisi ini tambah dia, mengindikasikan model pembangunan yang selama ini diterapkan perlu diperbaiki. Salah satunya penerapan konsep pembangunan ekonomi hijau. “Konsep ekonomi hijau merupakan konsep terintegrasi yang utuh, tidak terpisah-pisah dan dapat kita implementasikan sesuai arah pembangunan Kutai Kartanegara,” ulasnya.
Kepala BLHD Kukar Ahmad Taufik Hidayat mengatakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap 5 Juni tersebut, kali ini mengusung tema “Ekonomi hijau; ubah perilaku, tingkatkan kualitas lingkungan.”
Tema ini sebut dia, penting dan berorientasi masa depan. Karena ekonomi hijau yang dimaksudkan d untuk mencapai tiga sasaran. Yakni ekonomi terus tumbuh, memberikan lapangan kerja, serta mengurangi kemiskinan, tanpa mengabaikan perlindungan lingkungan khususnya fungsi ekosistem dan keanekaragaman hayati.
Peringatan kali ini tambah dia, BLHD Kukar menggelar berbagai macam lomba yang bernuansa lingkungan. Antara lain, lomba menggambar, mewarnai, lomba kreativitas pemanfaatan sampah tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD), lomba foto lingkungan dan poster lingkungan, kebersihan kantor tingkat umum, serta penilaian terhadap perusahaan-perusahaan yang peduli lingkungan. “Tujuan lomba-lomba tersebut untuk memberikan pemahaman kepada kita arti pentingnya lingkungan hidup yang sehat,” ujarnya. (hmp12)

Advertisements



    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

    Google photo

    You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: