Boediono Minta Perusahaan Ikut Selamatkan Lingkungan

Sumber: http://www.tribunnews.com/2012/06/14/boediono-minta-perusahaan-ikut-selamatkan-lingkungan

TRIBUNNEWS.COM – Wakil Presiden Boediono mengimbau perusahaan untuk menyalurkan dana pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) untuk berbagai upaya penyelamatan lingkungan.Demikian rilis yang dikirim ke redaksi Tribunnews.com.

“CSR penting. Perusahaan-perusahaan yang mendapat rezeki di bumi indonesia tolong dikembalikan ke dalam bentuk program bermanfaat termasuk upaya green economy,” kata Wapres Boediono saat membuka Pekan Lingkungan Indonesia (PLI) dI Jakarta, Kamis (14/6/2012).

Wapres menjelaskan, perusahaan melalui program CSR harus bisa menyediakan teknologi baru dan mendukung upaya penggiat lingkungan hidup dan lain sebagainya. Hal tersebut menurut Wapres penting sebagai bagian dari pembangunan keberlanjutan yang seimbang dan mendukung upaya pencegahan pemanasan global.

Wapres menambahkan, pemanasan global bisa mengakibatkan peningkatan temperatur yang membawa banyak dampak khususnya bagi negara kepulauan seperti Indonesia. “Bagus sekali kalau sekarang kita punya pemikir yang memikirkan secara terpadu gimana ikut mengurangi pemanasan global,” kata Wapres.

Menanggapi tentang pentingnya peran swasta dalam penyaluran CSR Presiden Komisaris Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) Tony Wenas mengatakan, pihaknya sangat mendukung penyaluran dana dana CSR.

Tony Wenas berpendapat, perusahaan tidak bisa berdiri sendiri dan harus tumbuh dan berkembang bersama masyarakat terutama masyarakat yang berada di sekitar wilayah operasional.

“Industri Pulp dan Kertas merupakan industri yang strategis dan padat karya.  Saat ini karyawan langsung RAPP sekitar 4.500 karyawan dan pekerja tidak langsung dari industri turunan Pulp dan Kertas sekitar 25.000 orang,” jelas Tony Wenas.

Ia juga mengatakan bahwa perusahaan memiliki komitmen untuk melakukan program pemberdayaan masyarakat.   Secara umum program CD untuk periode 2008 sampai 2010 yang telah dikembangkan berupa pengobatan gratis di 116 desa untuk 36.778 orang.

Program beasiswa yang telah dilakukan sebanyak 2.797 siswa sedangkan untuk program penciptaan peluang usaha melalui Usaha Kecil Menengah (UKM) adalah sebanyak 5.041 pekerja.
Tony Wenas menambahkan, korporasi juga harus berkontribusi terhadap upaya-upaya program mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

RAPP, kata Tony Wenas telah menerapkan praktik-praktik terbaik dalam pengelolaan hutan berkelanjutan melalui penerapan HCV, teknologi eco-hydro, hutan tanaman mosaik, efisiensi energi, sertifikasi, teknologi pembibitan serta didukung oleh R&D.

Advertisements



    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: