Anggota APEC sepakat tingkatkan ketahanan pangan

Sumber: http://internasional.kontan.co.id/news/anggota-apec-sepakat-tingkatkan-ketahanan-pangan

BANGKOK. Menteri Pertanian di negara anggota APEC sepakat meningkatkan ketahanan pangan di wilayah. Kesepakatan ini diperoleh dalam pertemuan tingkat Menteri Pertanian di acara forum Asia-Pacific Economic Cooperation, di Rusia.

Pertemuan tersebut terjadi saat adanya kekhawatiran atas ketahanan pangan saat populasi penduduk terus bertambah. Selain itu, ketahanan pangan menjadi faktor penting saat terjadi perubahan iklim yang bisa memicu kegagalan panen.

Para Menteri Pertanian anggota APEC sepakat merubah aturan terkait investasi pertanian lintas batas di negara anggota APEC. Deklarasi ini juga dilakukan untuk mencegah adanya larangan atau membatasi ekspor pangan oleh sesama anggota APEC. Kesepakatan ini juga berperan untuk menjaga fluktuasi harga makanan.

Setelah pertemuan tingkat menteri, Jepang dan Rusia sepakat bertemu secara rutin membahas pasokan makanan. Rusia merupakan eksportir gandum utama. Pejabat Jepang berkepentingan dengan Rusia agar negara bekas Uni Soviet itu tidak melarang atau membatasi ekspor gandum.

Menteri Pertanian Jepang Michihiko Kano memuji hasil dari pembicaraan tersebut. Ia bilang, larangan sepihak ekspor makanan tidak dapat ditoleransi.

Advertisements



    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: