Moratorium hutan gagal tekan deforestasi

Sumber: http://www.antaranews.com/berita/312533/moratorium-hutan-gagal-tekan-deforestasi

PETA INDIKATIF MORATORIUM (ANTARA/Widodo S. Jusuf)

Palangka Raya (ANTARA News) – Pemberlakuan moratorium izin untuk hutan alam selama dua tahun oleh pemerintah dengan menerbitkan instruksi presiden nomor 10/2011 tentang penghentian izin baru di hutan alam primer dan gambut, ternyata implementasinya sama sekali tidak mampu menurunkan deforestasi di Kalimantan Tengah.

“Faktanya masih terjadi aktivitas penebangan dan pembukaan lahan di areal moratorium serta ditemukan izin baru yang diterbitkan pejabat daerah di wilayah moratorium,”kata Direktur Eksekutif Walhi Kalimantan Tengah, Arie Rompas di Palangka Raya, Jumat.

Dalam perkembangannya Inpres ini tidak secara efektif menghentikan deforestasi karena masih banyaknya aktivitas konversi hutan di dalam maupun luar peta indikatif penundaan izin baru (izin baru PIPIB).

Di sisi lain, Inpres ini tidak dibarengi dengan penegakan hukum dan perbaikan tata kelola di sektor kehutanan seperti yang diragukan berbagai pihak khususnya masyarakat sipil di Indonesia yang kemudian membuat platfrom bersama tentang penyelamatan hutan Indonesia yang berbasis capaian.

Kondisi kerusakan hutan di Indonesia telah mengakibatkan banyak persoalan terutama deforestasi yang berimbas pada rusaknya hutan alam dan gambut serta terdegradasi lingkungan yang berujujng pada bencana ekologi termasuk konflik sosial yang terjadi di berbagai pelosok negeri termasuk Kalteng.

Deforestasi yang terjadi dipicu oleh konversi hutan yang berlebihan untuk investasi yang bertumpu pada ekstraktif sumberdaya alam khususnya untuk komoditas pasar seperti kayu logging, aktivitas pertambangan batu bara, emas dan tanaman monokultur skala besar seperti perkebunan sawit dan hutan tanaman industri.

Secara umum dampak yang ditimbulkan mengakibatkan ancaman terhadap keselamatan warga di berbagai belahan dunia karena deforestasi juga sebagai salah satu pemicu terjadinya pemanasan global dan perubahan iklim akibat dari pelepasan emisi gas rumah kaca yang berasal dari hutan.

Diperkiraan emisi yang ditimbulkan oleh deforestasi dan degradasi hutan mencapai 20 persen dari total gas rumah kaca per tahun.
(ANTARA)

Advertisements



    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: