Uni Eropa Akan Fokus Pada Hutan Aceh

Sumber: http://www.theglobejournal.com/Sosial/uni-eropa-akan-fokus-pada-hutan-aceh/index.php

Banda Aceh – Uni Eropa (UE) akan segera mengakhiri program yang telah dilakukannya selama tujuh tahun di Aceh. “Program akan berakhir bulan depan. Kita juga akan menutup Europe House pada akhir tahun ini,” ujar kepala kantor Europe House Aceh, Giovanni Serritella pada The Globe Journal, Rabu (23/5).

Meskipun program UE untuk proses perdamaian Aceh sudah berakhir, Serritella mengatakan bahwa pihaknya tetap terus menjaga hubungan baik dengan pemerintah Aceh.

Program Aceh Peace Program Support yang dibiayai oleh UE ini meliputi program yang dilakukan Internasional Organization of Migration dan Kepolisian Daerah Aceh mengenai reformasi polri dan konsolidasi polri di lingkungan Polda Aceh; Flora Fauna Indonesia yang telah membentuk penjaga hutan (ranger); juga Crisis Management Initiative yang dibentuk oleh Presiden Martin Antasari untuk melakukan pemantauan terhadap implementasi bitir-nutir MoU Helsinko; serta GIZ yang menciptakan pemerintahan Aceh yang baik.

Untuk kedepannya, Serritella mengatakan pihaknya akan menjalankan program pemantauan terkait perubahan iklim dan hutan Aceh. Dia juga mengatakan akan lebih selektif lagi untuk memilih program yang akan mereka danai.

“Karena krisis yang terjadi di Eropa, kedepannya kami akan lebih selektif lagi untuk memilih program. Namun berakhirnya program ini bukan karena krisis tersebut,” tutur Serritella.

Acara penutupan APPS tersebut dilakukan di Hermes Palace Hotel dan dihadiri oleh SekdA Aceh,T Setia Budi, Gubernur Aceh terpilih Zaini Abdullah, Ketua DPRA Hasbi Abdullah, Mantan Rektor IAIN Ar-Raniry Yusni Saby, anggota DPRA Aceh, Polda Aceh, perwakilan IOM, FFI, GIZ, dan aktivis LSM di Aceh.

Advertisements



    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: