Selamatkan Bumi,Mari Menjaga Lingkungan

Sumber: http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/488900/

JAKARTA– Kerusakan bumi semakin parah. Banyak kegiatan manusia tidak memperhatikan kelestarian lingkungan. Akibatnya banjir dan perubahan iklim terus menghantui. Untuk itu, aksi penyelamatan harus dilakukan, salah satunya dengan penanaman pohon.

SINDO Mediayang berada di bawah payung MNC Group mengajak masyarakat Indonesia untuk menanam pohon di sekitar lingkungan mereka.Kegiatan ini dimulai di 100 sekolah di Jakarta, kemarin.

Dalam event bertajuk Green Action: Ini Pohon Saya, SINDO Media bermitra dengan Kementerian Kehutanan dan didukung 14 pihak swasta,lembaga pendidikan, serta BUMN melakukan penanaman pohon di SMA 70 Jakarta. Menteri Kehutanan (Menhut) Zulkifli Hasan menuturkan, untuk menjadikan negeri ini kembali hijau,bangsa Indonesia membutuhkan waktu 160 tahun lebih. Namun, prediksi itu dapat dipersingkat jika seluruh elemen masyarakat Indonesia mau menanam pohon di tempat tinggal dan tempat beraktivitas mereka. Jika semua dilakukan, pemulihan Indonesia kembali hijau diperkirakan cukup 30 tahun saja.

”Kalau sudah dimulai dari lingkungan sekolah. Insya Allah,semua masyarakat akan ikut melakukan hal serupa demi menyelamatkan bumi ini,” kata Zulkifli di SMA 70 Jakarta kemarin. Menurutnya, baik-buruknya kondisi alam dapat dilihat dari keberadaan binatang.Bila di suatu kawasan terdapat banyak burung berkicau atau kupu- kupu, daerah itu masih alami dan sehat untuk ditempati. Jika tidak ada tandatanda itu dipastikan kawasan itu sudah tidak lagi bersahabat.

”Coba bayangkan,burung saja tidak mau ke sana, apalagi kita,” terangnya. Selama ini, lanjut Zulkifli, kebanyakan manusia mengabaikan tanda-tanda alam bahkan ikut merusaknya. Akhirnya alam marah. Bumi tidak lagi bersahabat dan memberikan petaka dengan adanya banjir,longsor,serta panas berkepanjangan. Hal itu tentu saja tidak diharapkan. Agar bumi kembali sehat, dia mengajak seluruh masyarakat membudayakan menjaga lingkungan. Semua itu dapat dimulai dari pemanfaatan ruang di sekitar rumah dengan menanam pohon. ”Bila tidak ada halaman, dapat dengan menanam bunga,” sambungnya.

CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengatakan, MNC Group selaku perusahaan media peduli terlibat untuk kemaslahatan masyarakat melalui program corporate social responsibility (CSR).Kegiatan kali ini merupakan CSR yang dilakukan SINDO Media, yang di dalamnya terdapat harian Seputar Indonesia (SINDO), SINDO TV,SINDO Radio,SINDO Weekly,dan SINDONews.com. Program CSR kali ini mengajak masyarakat Indonesia untuk peduli lingkungan dengan cara menanam pohon.

”Kita mengawali dengan program bertanam pohon di 100 sekolah. Setelah itu, biar masyarakat melanjutkan di lingkungan masing-masing,” ungkap Hary Tanoesoedibjo. Selain menanam pohon,kata Hary, bentuk kepedulian CSR MNC Group lainnya menyalurkan bantuan di lokasi bencana alam, seperti bantuan gempa,longsor,banjirdiseluruh wilayah Indonesia.”MNC tidak pernah ketinggalan dalam menyalurkan CSR,”tandasnya.

Penanaman pohon di SMA 70 kemarin turut dihadiri mitra sponsor, seperti BNI,President University, PT Cerebos Indonesia, PT Gajah Tunggal,PPMSchool Management,Yamaha Motor Manufacturing, Blue Bird,PLN,Jasa Raharja,Supra Boga Lestari,BTN,Yuasa Battery, The Body Shop, dan PT Indonesia Power. Wakil Direktur Utama BNI Felia Salim mengatakan, selama ini BNI selalu terlibat dalam kegiatan proteksi lingkungan, khususnya penyelamatan lingkungan.

”Kami sangat mendukung program ini,”tuturnya. Marketing Manager PT Cerebos Indonesia Agnesyah Budiyanti mengaku, pihaknya baru kali ini terlibat dalam program penanam pohon. Menurutnya, penanaman pohon sangat positif demi kelangsungan hidup bumi bagi generasi mendatang. ”Ini harus dilanjutkan,”jelasnya. Kepala SMA 70 Jakarta Saksono Liliek Susanto mengaku berterima kasih sekali sekolah yang dipimpinnya ditunjuk menjadi lokasi kegiatan penanaman pohon SINDO Media. Penunjukan ini sangat tepat karena SMA 70 Jakarta selama ini selalu menjaga lingkungan.

Kendati berada di tengah kota,sekolah ini terlihat hijau. Beragam pohon dengan ukuran berbeda-beda tertanam kokoh di sekolah ini. Setiap lahan kosong terdapat pohon besar dan taman yang indah. Kondisi membuat suasana sekolah ini terasa sejuk. Menurut Saksono, SMA 70 Jakarta selalu mengajak siswa untuk menanam pohon.” Kami akan merawat semua pohon yang ditanam Pak Menteri (Menhut Zulkifli Hasan) dan SINDO Media.Semoga SMA 70 Jakarta tetap hijau,” ujar Saksono. ilham safutra

Advertisements



    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

    Google photo

    You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: