Perubahan Iklim Tak Menentu, Spesies Flora di Eropa Punah

Johannes Sutanto de Britto

Daerah pegunungan di ketinggian rendah biasanya mengalami musim kering di musim panas.

WINA, Jaringnews.com – Percepatan perubahan iklim akhir-akhir ini ternyata menekankan perkembangan spesies flora di gunung-gunung yang terletak di Eropa.

Menurut hasil studi yang dilakukan para peneliti fauna Amerika, banyak spesies fauna bermigrasi ke tempat yang lebig tinggi. Migrasi tanaman mengakibatkan penurunan keragaman spesies, demikian tulis para penelitian dalam Jurnal Science yang terbit pada Jumat ini, 20/4.

Penelitian ini didasarkan pada inventarisasi flora  di 66 pegunungan antara Eropa Utara dan Mediterania.

Peningkatan jumlah spesies tumbuhan hanya ditemukan di pegunungan di bagian utara dan tengah Eropa, sementara di hampir semua daerah pegunungan dari Mediterania jumlah spesies tanaman cenderung stagnan atau menurun.

Para peneliti yang dikoordinasi oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Austria dan University of Vienna menghasilkan peta spesies tanaman di masing-masing tempat yang diteliti pada 2001 dan 2008.

“Hasil penelitian kami menunjukkan penurunan di lokasi Mediterania ini mengkhawatirkan karena ini adalah gunung-gunung dengan flora yang sangat unik dan sebagian besar spesies mereka hanya terjadi di sana,” kata koordinator proyek Harald Pauli.

Ia menambahkan spesies yang paling menonjol berkurang terjadi di dataran yang lebih rendah karena banyak jenis tanaman menderita karena kekurangan air dari pada puncak yang tinggi.

Daerah pegunungan di ketinggian rendah biasanya mengalami musim kering di musim panas, sedangkan pada ketinggian yang lebih tinggi salju yang mencair menyediakan air bagi tanaman selama musim panas dan kering.

Apalagi, curah hujan di wilayah Mediterania dalam beberapa dekade terakhir ini cenderung menurun, demikian diimbuhkan Georg Grabherr, ilmuwan yang memimpin Initiative Global Research di Lingkungan Alpine.

“Selain itu, sebagian besar wilayah Mediterania akan menjadi lebih kering dalam dekade mendatang,” imbuh Grabherr.

“Dampak perubahan iklim, baik melalui pemanasan atau dikombinasikan dengan kekeringan yang terus meningkat, cenderung mengancam tanaman alpine tidak hanya di benua itu, tetapi bahkan di seluruh dunia,”pungkasnya.

Sumber: http://jaringnews.com/internasional/uni-eropa/13810/perubahan-iklim-tak-menentu-spesies-flora-di-eropa-punah

Advertisements



    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

    Google photo

    You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: