Hutan Alam Pulau Padang Digasak Pembalak Liar

Penulis : Bagus Himawan
Kamis, 19 Januari 2012 17:52 WIB

PEKANBARU–MICOM: Hutan alam di kawasan Pulau Padang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, digasak para pelaku pembalakan liar. Diduga kuat hasil penjarahan hutan alam itu diselundupkan ke negeri tetangga, Malaysia dan Singapura.

Kondisi itu diketahui oleh Ketua Forum Anggota DPR RI asal Riau Wan Abu Bakar setelah melakukan pemantauan udara terhadap kondisi hutan alam di wilayah Pulau Padang.

“Dengan kasat mata, setidaknya ada 10 bedeng sawmill atau tempat penggergajian kayu yang tersebar di berbagai penjuru kawasan hutan alam Pulau Padang. Sawmil inilah yang menampung kayu hasil pembalakan liar di sana,” kata Wan, Kamis (19/1).

Tidak hanya tempat penggergajian, mantan wakil gubernur Riau itu juga menemukan kamp pekerja yang diduga sebagai tempat berteduh para pelaku pembalakan liar. Ia menyinyalir aktivitas pembalakan di hutan alam itu sudah berlangsung lama.

Usai memantau dari udara Wan kemudian berdialog dengan sejumlah kelompok masyarakat Pulau Padang. Menurutnya, sejumlah warga mengaku aktivitas pembalakan liar memang menjadi salah satu mata pencarian mereka. Namun, belakangan sebagian besar warga Pulau Padang berhenti menebang kayu secara ilegal, terutama sejak perusahaan hutan tanaman industri (HTI) Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) beroperasi di Pulau Padang.

“Mereka menyambut baik kehadiran RAPP di Pulau Padang dan lebih memilih bekerja pada perusahaan tersebut ketimbang harus melakukan pembalakan liar,” jelas Wan.

Ia juga menduga, para cukong pembalakan liar ikut menunggangi penolakan sekelompok masyarakat Pulau Padang atas kehadiran RAPP. “Sangat mungkin para cukong kayu ketakutan kalau perusahaan jadi buka HTI di Pulau Padang. Karena dengan adanya HTI, para cukong tidak bisa lagi melakukan aktivitas pembalakan liar,” ungkap Wan. (BG/OL-01)

Advertisements



    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: