OKP Ajukan Judicial Review UU Pemuda

11 Oct 2010

JAKARTA – Puluhan organisasi kepemudaan (OKP) tingkat nasional mengeluarkan kesepakatan untuk mengajukan judicial review (JR) terhadap Pasal 1 ayat (1) UU No 40 Tahun 2009 Tentang

Kepemudaan ke Mahkamah Konstitusi (MK), akhir Oktober 2010 ini. Tanggal 28 Oktober yang merupakan hari Sumpah Pemuda adalah tanggal tepat pengajuan tersebut.

Pasal yang akan diajukan untuk direvisi terkait pengaturan batasan usia pemuda. Kalau batasan usia itu untuk me-ngatur bentuk pembinaan yang dilakukan OKP terhadap anggota atau pengkaderan, para OKP masih bisa me-nolerir. Tapi kalau pimpinan atau pengurus OKP dibatasi pada usia 16-30 tahun, tentu lurus ditolak.

“Di dalam UU Tentang Pemuda itu pasa) 1 ayat (1) jelas menyebutkan pengurus dan atau pimpinan kepemudaan harus berusia 16-30 tahun sesuai definisi dari pemuda. Ini tidak ada relavan-sinya. Karena tokoh atau pimpinan OKP, justru berada di puncak karir organisasinya pada usia 40 tahun,” kata Ilyas Indra, Ketua Umum DPP Generasi Muda Sriwijaya di sela-sela pertemuan 70 OKP nasional. Sabtu malam lalu.

Pengertian OKP dibentuk oleh pemuda, menurut Ilyas, tidak benar. Karena banyak OKP justru dibentuk oleh ormas (organisasi kemasyarakatan) atau partai politik sebagai sayap organisasi. Kalau OKP yang dibentuk pemuda dalam arti UU itu, secara tersirat menggambarkan organisasi kemahasiswaan atau organisasi yang ada di perguruan tinggi. “Nah, ini strukturalnya tidak nasional. Beda dengan OKP yang berkembang dalam kaitan Sumpah Pemuda,” sindirnya, (ers)

http://bataviase.co.id/node/414155

Advertisements



    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: